DPPPAPPKB Kabupaten Kotawaringin Timur Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2022

Setiap tanggal 26 September diperingati sebagai Hari Kontrasepsi Dunia atau World Contraception Day. Pada Hari Kontrasepsi Dunia 2022, BKKBN melakukan kolaborasi pelayanan KB terpadu dengan beberapa mitra kerja guna meningkatkan keikutsertaan ber-KB dan percepatan penurunan stunting serta kesehatan kaum perempuan.  Peringatan ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penggunaan kontrasepsi untuk kesehatan reproduksi. Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia atau World Contraception Day (WCD) ini juga akan menekan angka kelahiran dan untuk membantu keputusan yang bijak mengenai kehamilan.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kotawaringin Timur melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun 2022 pada hari Jum’at, 21 Oktober 2022 di Kecamatan Telawang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten I dan Asisten III Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, Tim – PPK Kabupaten Kotawaringin Timur, Gabungan Organisasi Kabupaten Kotawaringin Timur, Kepala SOPD Kabupaten Kotawaringin Timur dan Unsur Muspida Kabupaten Kotawaringin Timur, Seluruh Camat Kabupaten Kotawaringin Timur serta Tokoh Masyarakat di Kecamatan Telawang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kabupaten Kotawaringin Timur, H. Suparmadi, SE., MM mengatakan, Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) merupakan kontrasepsi yang dapat dipakai dalam jangka waktu lama lebih dari dua tahun, efektif dan efisiensi untuk tujuan pemakaian menjarangkan kelahiran lebih dari tiga tahun atau mengakhiri kehamilan atau sudah tidak ingin menambah anak lagi. Menurutnya, Penggunaan kontrasepsi tidak hanya bertujuan untuk mengendalikan kelahiran, tetapi juga untuk memperkuat hak-hak perempuan. Mereka berhak dalam menentukan sendiri kapan mereka siap hamil, bagaimana mempersiapkan kehamilan dan menjaga kesehatan selama kehamilan, sehingga dapat melahirkan generasi baru yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *