Kegiatan Workshop Verifikasi dan Validasi Data Keluarga Beresiko Stunting Tingkat Kabupaten 29 September 2023 di DPPPAPPKB Kabupaten Kotawaringin Timur kepada Pengampu Program pada masing-masing Kecamatan

KOTAWARINGIN TIMUR, 29 September 2023 – Dalam rangka pembaharuan data keluarga beresiko stunting di tingkat kabupaten, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar Workshop Verifikasi dan Validasi (verval) Data yang dihadiri oleh Tim Verval dari masing-masing kecamatan tingkat Kabupaten, sebagai turunan workshop yang telah diselenggarakan di tingkat Provinsi secara daring pada tanggal 08 September 2023.

Workshop yang berlangsung selama satu hari, tanggal 29 September 2023, ini dihadiri oleh tim Pokja Data dan informasi Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, perwakilan dari Tim Verval kabupaten se-Kotawaringin Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa data terkait dengan program keluarga berencana dan pengendalian penduduk khususnya data keluarga beresiko stunting yang ada di tingkat kabupaten adalah akurat dan terbaharukan, sehingga data keluarga beresiko stunting dapat digunakan sebagai bahan perencanaan pengambilan kebijakan oleh sektor terkait.

Dalam sambutannya, Kepala DPPPAPPKB Kabupaten Kotawaringin Timur, Bapak H. Imam Subekti, S.Pt., M.M, menyampaikan pentingnya verifikasi dan validasi data dalam mengambil kebijakan yang tepat dan efektif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan Masyarakat khususnya kesejahteraan keluarga sesuai dengan amanat Undang-undang nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan Dan Pembangunan Keluarga. Beliau juga menggarisbawahi peran penting TPK sebagai garda terdepan dalam pengumpulan dan pemeliharaan data yang berkaitan dengan program-program tersebut.

Workshop ini melibatkan berbagai sesi, termasuk teknik verifikasi dan validasi data, pelaporan data yang akurat, dan penggunaan data dalam pengambilan keputusan. Para peserta juga memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi dalam pengelolaan data di tingkat kabupaten.

Salah satu peserta workshop, Pak M. Raespaty Nugroho, S.Hut, perwakilan dari PKB Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, menyatakan, “Workshop ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami belajar banyak tentang bagaimana memeriksa dan memvalidasi data dengan lebih cermat, yang akan membantu kami meningkatkan kualitas pelaporan data ke tingkat kabupaten.”

Diharapkan, hasil dari workshop ini akan membantu memastikan bahwa data yang digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan program keluarga berencana dan pengendalian penduduk di Kabupaten Kotawaringin Timur lebih akurat dan bermanfaat. Hal ini akan mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Workshop Verifikasi dan Validasi Data tingkat Kabupaten di DPPPAPPKB Kabupaten Kotawaringin Timur adalah langkah yang positif dalam perbaikan sistem pengelolaan data yang akan berdampak positif pada program-program yang berkaitan dengan keluarga berencana dan pengendalian penduduk di wilayah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *