Forum Anak Daerah (FAD) Kab Kotim : Peran Penyuluhan Bahaya Seks Bebas pada Usia Dini untuk Melindungi Anak-anak dari Dampak Negatifnya

Sampit, 15 November 2023 – Sebagai upaya preventif dalam menghadapi tren meningkatnya perilaku seks bebas pada usia dini, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kabupaten Kotawaringin Timur bekerja sama dengan PT Sukajadi Sawit Makmur untuk menyelenggarakan kegiatan penyuluhan tentang bahaya seks bebas pada remaja di SMPS Yayasan Anwar Karim IV, Kecamatan Telawang. Penyuluhan yang dihadiri oleh perwakilan PT Sukajadi Sawit Makmur, Koordinator dan Pendidik SMPS Yayasan Anwar Karim IV, Dinas PPPAPPKB Kab. Kotim, Forum Anak Daerah (FAD) Kab. Kotim, dan siswa-siswi SMPS Yayasan Anwar Karim IV ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat, khususnya pendidik dan anak didik, mengenai dampak negatif yang muncul akibat perilaku seks bebas pada usia dini.


Perilaku seks bebas pada usia dini memiliki dampak negatif seperti resiko gangguan Kesehatan reproduksi, gangguan psikologis, terputusnya pendidikan, hingga hilangnya kesempatan mengembangkan diri. Sebagai upaya pencegahan, banyak hal yang dapat dilakukan antara lain, keterbukaan komunikasi dengan orang terdekat, membangun kepercayaan antara remaja dengan keluarga, memberikan edukasi seks tepat usia, menyediakan dan mengenali isyarat bahaya kekerasan seksual, serta pemberian dukungan pendampingan oleh orang dewasa.


Kegiatan penyuluhan ini sekaligus menjadi sarana bagi Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Kotawaringin Timur dalam melaksanakan perannya sebagai Pelopor dan Pelapor. Anggota FAD Kabupaten Kotawaringin Timur melakukan perannya sebagai pelopor dengan menyebarluaskan informasi dampak negatif perilaku seks bebas pada usia dini sekaligus upaya pencegahan resiko kekerasan seksual yang mungkin terjadi pada anak remaja. Dalam kesempatan yang sama, FAD Kabupaten Kotawaringin Timur juga mengajak siswa-siswa SMPS Yayasan Anwar Karim IV untuk berani bersuara dan melaporkan apabila terjadi tindak kekerasan seksual kepada guru, orang tua, UPTD PPA Kab Kotim, maupun melalui Layanan SAPA129 Kementerian PPPA.


Dalam pernyataan bersama, perwakilan Yayasan Anwar Karim IV PT Sukajadi Sawit Makmur menegaskan pentingnya memberikan informasi yang akurat dan mendidik mengenai seksualitas pada generasi muda. “Melalui penyuluhan ini, kami berharap dapat membentuk pemahaman yang lebih baik tentang resiko dan pencegahan perilaku seks usia dini pada anak didik. Orang tida dan pendidik perlu Bersama-sama mendukung anak didik dalam membuat keputusan yang bijak terkait aspek sensitife ini” ungkap Chandra D. Sinaga selaku Koordinator Yayasan Anwar Karim PT Sukajadi Sawit Mekar, Kecamatan Telawang.


Penyuluhan ini diharapkan dapat membantu masyarakat, khususnya siswa-siswa SMPS Yayasan Anwar Karim IV, dalam membangun kesadaran dan memperkuat pendekatan preventif atas bahaya seks bebas pada usia dini, sehingga setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dengan pemahaman yang sehat tentang seksualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *